A WALK TO REMEMBER-indonesian speech translation ELF HAVE TO READ THIS

9 Video yang bisa kamu lihat di Youtube, semua yang bisa dibaca aku pindahakan disini. Pahami semua yang ada disana sebelum kalian menyatakan bahwa diri kalian adalah ELF

6 November 2005

Super Junior~TWINS

SBS Inkigayo Debut Performance

Kangin di panggung pada hari itu, dengan kaki terluka. Tapi ia tidak khawatir, jadi ia tetap tampil dengan member lain. Diam-diam dia minta ijin, dan pergi ke panggung untuk tampil.

“Setelah siaran TV kami pertama kali, tiap member menangis bahagia. Aku dapat mengingat wajah mereka saat itu”-Shindong.

Pada awal perform debut mereka, karena masalah visa, Hangeng hanya dapat tampil di tiga channel dan tidak dapat tampil di channel lain. Jadi, agar tidak mengurangi koreo grup dan mimpinya tentang tampil di panggung, hangeng menggunakan topeng dan tetap tampil di lebih dari 10 TWINS performance.

“Saat aku duduk diam di mobil dan menatap langit malam Korea lewat jendela, airmataku begitu saja jatuh dengan cepat…”-Hangeng

Sering mendengar kata-kata seperti “Ini hangeng kita. Tolonglah tunjukkan banyak dukungan”-Heechul. Selama album pertama, karena sakit, yesung harus tinggal di rumah sakit walaupun ia punya jadwal acara. Jadi ia tetap pergi walaupun sakit.

Musim Dingin 2005…

Member yang baru saja debut pergi ski bersama untuk sebuah program. Malam itu, saat tiap orang memegang lilin, duduk melingkar, semua orang bicara dari dalam hatinya, dengan bercucuran air mata. (SUPER JUNIOR SHOW Eps.8)

“walaupun aku punya banyak pengalaman dengan grup berbeda, aku tetap merasa bahwa waktu yang dihabiskan sekarang dengan super junior adalah yang terbaik… kami bukan orang asing. Dan ada waktu dimana kami tidak dapat berpisah, tapi itu hanya kenangan kecil. Saat momen itu, aku akan berpikir, aku punya kakak didepanku dan adik yang mengikutiku. Aku punya semua orang disekelilingku. Setiap kejadian, untuk semua member yang selalu bersamaku, aku ingin mengucapkan terima kasih…”-Sungmin.

“Aku selalu berpikir bahwa aku sendiri. Bahkan sejak aktivitas grup mulai. Aku mulai memperhatikan ‘kami’, dan membangun pikiran bahwa akan sangat baik jika kami selalu bersama. Perasaan saat semua orang membantu satu sama lain dan menghabiskan waktu bersama adalah baik. Semua orang akan tertawa bersama saat waktu senggang, mengeluarkan amarah kamu satu sama lain jika suasana tidak baik, juga sangat bagus. Melihat ekspresi ‘kami akan tumbuh bersama’ pada wajah tiap orang, benar-benar sangat manis.”-SHindong.

“Ketika kami disini, aku merindukan member yang tidak disini bersama kami. Karena waktu yang kami habiskan bersama sangat terbatas. Sesekali itu membuat sakit. Sekarang saat kami disini, aku merindukan mereka lebih dari biasanya. Jujur, karena pekerjaan, waktu yang kami punya untuk bermain sangat terbatas dan kami tidak dapat keluar bersama seringkali. Karena kami selalu bersama member. Kami sangat dekat, seperti keluarga. Jika kami terpisah, pasti akan sangat sedih. Untukku, mereka sangatlah penting…”-Eunhyuk.

“Kami berpisah di masa depan. Dan menjalani kemampuan kami masing-masing, ketika aku memikirkan hal ini, hanya dua kata yang ada di hatiku. TIDAK MAU. Mungkin karena aku menaruh banyak perasaan kedalam Super Junior ini…” –Leeteuk

Musim Dingin, February 2006

Salju turun dari langit, mereka memakai baju tipis. Bibir membeku, bahkan hingga sulit berbicara. Eunhyuk dan Kibum sulit menari. Sungmin dan Donghae berpelukan saking dinginnya. MIRACLE MV, dibuat saat situasi itu.

25 Juni 2006

Performing U di SBS Inkigayo. 13 orang menjadi satu. Untuk pertama kalinya, SUPER JUNIOR menerima penghargaan. Lima tahun merupakan waktu yang panjang untuk persiapan. Termasuk Keringat dan kerja keras. Ketika satu lelah, member lain menyemangati satu sama lain.

“Aku menangis sangat hebat ketika itu. Saat lagu kami U, mendapat peringkat pertama saat voting. Dari awal di panggung sampai selesai, aku menangis. Bahkan ketika kami melihat hal itu berulang-ulang di tv, aku masih saja menangis. Aku tidak dapat berhenti…”-Eunhyuk.

“Saat itu, setelah menampilkan U, semua orang bertepuk tangan. Hanya kami ber 13 yang menangis. Semua member menangis…” – Leeteuk.

“Saat sebelum debut punya banyak tantangan tapi juga kenangan. Kenangan dari itu, terus berputar seperti film lama yang terus memenuhi pikiranku…”-Leeteuk.

TRAINEES

Hari hari sebagai trainees…

Durasi sebagai trainee…

Park jungsoo, Lee hyukjae, Lee sungmin : 6 th

Kim Jongwoon, Lee Donghae : 5 th

Karena pelatihan, lengan hangeng terkilir. Karena ia terbiasa terluka, ia tidak menyadari sampai 2 bulan kemudian, saat tulangnya sudah retak. Dan tumbuh dengan tidak wajar.

“Pertama kali aku melihat hangeng yang meninggalkan negaranya dan datang ke korea untuk bekerja keras, pikiran pertama kaliku adalah bagaimana seseorang bisa begitu kuat meninggalkan negaranya untuk bekerja… dari saat itu, aku berpikir untuk selalu dengannya, melindungi mimpinya. Tidak perduli apa masalah yang mungkin dihadapi, dan aku berharap kapanpun hangeng kecewa, ia akan mengingat bahwa ia masih memilikiku…”-si won

“Aku selalu percaya apapun yang terjadi, kami akan debut. Kebenaran akan terkatakan. Aku tidak pernah sekalipun menyerah. Aku tau jika aku melakukan dengan penuh keseriusan, aku akan melihat sebuah cahaya…”- eunhyuk.

“Kami dapat berlatih hingga berdarah, dan kami tetap putus asa. Dan kapanpun sesuatu seperti ini terjadi, air mata akan mulai menggenang. Walaupun ada saat dimana aku menangis, saat waktu seperti inilah yang membuatku sangat lelah…”-leeteuk.

POSTINGAN CYWORLD HEECHUL SEBELUM DEBUT…

“Sudahkah kita mengakhiri training hari ini? Ataukah baru akan dimulai? Kami berlatih sangat keras sampai malam. Semua orang sangat letih. Hari ini, jungsoo pingsan karena kelelahan lagi. Dia masih duduk dengan lelah diatas kotak besi dan tidur. Bahkan ini hanya beberapa menit untuk menunggu mobil, tapi dia tidak bisa menunggu. Dia tidur diam-diam. Berdiri dan menatapnya dari depan. Karena aku takut ia terjatuh karena terlalu lelah. Aku pakai tanganku untuk menopangnya. Dan menatapnya dengan tajam.

Ahh, sebenarnya aku tidak bicara banyak. Biarkan mereka, para dongsaeng bermain semau mereka. Karena aku tidak ingin menggunakan kemampuan hyungku untuk menakuti mereka. Aku adalah satu-satunya yang tidak tau bagaimana cara menghadapi mereka. Hyung pasti sangat lelah. Dia telah menjagaku yang tidak bisa bekerja sama. Dan tetap beristirahat saat ia bisa, namun sepertinya itu membuatnya gila. Sebenarnya aku sangat ingin berbagi tanggung jawab dan kesulitan dengan jungsoo hyung. Tapi sekarang hanya ada waktu dimana kau tidur dan aku menopangmu dengan tanganku untuk menjaga tubuhmu yang lelah yang hampir terjatuh.

Kita adalah hyung mereka. Tapi aku hanya punya kau sebagai hyungku...

Jungsoo hyung, tidur dengan nyaman saat itu…”

6 Novermber 2005

Super junior TWINS akhirnya debut…

“Setelah showcase, kami berpelukan dan menangis. Air mata itu, adalah airmata yang tidak akan ditemukan di dunia lagi. Aku dapat mengingat air mata itu, member kami juga, tidak dapat melupakan hal itu.”- leeteuk.

Setelah waktu sulit TWINS dan periode MIRACLE, perpindahan ke single U membawa banyak cerita.

2006 Juli 6th,

M!Countdown… U sekali lagi peringkat pertama.

“Memberku, aku sayang kalian…”-hangeng.

“Untuk fans yang menyatukan 13 nama dalam satu tubuh, aku sangat berterimakasih.”-kangin

Tapi jalan menuju sukses tidak pernah lancar…

29 Juli 2006

Penampilan live super junior berisi kesalahan. Mobil yang membawa member tertabrak. Donghae dan kibum terluka. Rasa sakit itu menjalar ke semua member yang telah sangat lelah. Ketika mereka merasa bersalah, mereka tidak dapat menyembunyikan perasaan bahwa mereka butuh dukungan.

“Aku sangat sedih. Kami telah bekerja keras. Kami persembahkan diatas segalanya. Sungguh, kami telah bekerja sangat keras. Aku sangat sedih. Kalian tidak mengerti betapa kritik itu menyakiti kami. Beberapa hari yang lalu, ketika menampilkan U, kakiku sakit. Di rumah sakit, dokter bilang bahwa aku harus di operasi. Setelah itu mungkin akan ada efek samping yang mempengaruhi penampilan yang akan datang. Aku ingin bersama memberku. Jadi aku tidak melakukan hal itu. Karena tidak banyak waktu tersisa. Aku harap aku dapat melanjutkan dengan member yang lain. Hari ini kami bekerja sangat keras sebagaimana biasanya…”-kangin.

Tapi, satu demi satu, bahkan ujian yang lebih berat, datang menghampiri yang lain…

8 Agustus 2006, 3a.m

Donghae kehilangan ayahnya selamanya…

10 Agustus,

Heechul kecelakaan saat pulang dari pemakaman ayah Donghae. Dua belas bagian tubuhnya terluka parah. Tulang paha, tulang tumit, dan sebuah besi masuk ke kakinya. Saat perjalanan dari Mokpo (Rumah Donghae) ke Seoul.

Walau begitu, saat kecelakaan, Heechul tetap memegang tanggung jawab sebagai seorang artis. Karena ia takut imagenya akan buruk. Ia menahan sakitnya dan mencoba bertahan. Untuk melakukan hal ini, ia menggigit lidahnya. Dan darah mengalir dari ujung mulutnya. Saat ia memeriksa seluruh tubuhnya di rumah sakit, Kim Heechul, dengan lidah yang hampir patah, harus dijahit. Untuk satu minggu, dia tidak dapat berbicara. Dan tidak dapat makan makanan/minuman panas hingga saat ini.

Hari kedua setelah kejadian tersebut, super junior yang kehilangan donghae dan heechul di panggung, menyanyikan Endless Moment. Di depan panggung, ELF dengan airmata memegang balon biru safir. Di panggung, 11 member dengan airmata, mencoba memberikan penampilan terbaik mereka, kibum yang hampir tidak pernah memakai kacamata bahkan untuk image bedanya, ia memakainya saat itu. Dengan harapan, ia dapat menutupi kesedihannya. Namun terlihat, matanya bengkak karena tangisnya.

Hari itu, tidak ada emosi meledak-ledak.

Tidak ada tarian yang disuguhkan…

Hanya ada suara yang terus mengulang.

MY ENDLESS MOMENT, PRAY FOR YOU,,,

“Ketika aku dirumah sakit, aku sangat kesepian dan keadaan itu sangat sulit. Kibum datang setiap hari dan menangis. Semua dongsaeng juga datang. Walaupun mereka sangat sibuk, aku sangat tersentuh, aku seharusnya memperlakukan mereka lebih baik lagi. Mereka 100% memperlakukanku dengan baik. Namun aku hanya 1% begitu…”- heechul.

“Aku sangat berterima kasih pada hangeng, ketika pertama kali pulang, ia membantuku mengerjakan segalanya. Ketika aku kembali ke asrama untuk mengambil semua milikku, ia membantuku kemanapun. Hangengku, terima kasih banyak…”-heechul.

Saat perform yang lain dan heechul menonton…

“Heechul yang sedang sakit! Cepatlah sembuh dan berdiri lagi bersama kami disini!”- leeteuk.

Dengan latihan teratur, masih ada resiko luka yang lain. Dalam hal ini, waktu normal untuk sembuh adalah 8 minggu. namun Kim heechul hanya 35 hari.

MKMF…

Kim heechul yang kakinya terluka dan belum benar-benar sembuh, berdiri pada stage kecil yang dinaikkan dan dengan bangga kembali. Latihan untuk penampilan itu, ia hadiahkan untuk semua orang. Walaupun dalam kondisinya hanya membuat ia bergantung pada kaki kanannya, dan bahkan ketika ia memutar tubuhnya, ia harus menggenggam pegangan stage untuk menopangnya agar tidak jatuh. Heechul yang sangat bahagia bisa kembali kedalam grup, selalu menunjukan ekspresi cerianya.

“Ini benar-benar penampilan setelah waktu istirahat yang lama. Aku sangat sangat bahagia. Ketika aku di panggung, secara rahasia aku tersenyum. Tidak menyanyi, hanya tersenyum penuh kebahagiaan…”-heechul.

30 november 2006

Kim heechul kembali dengan super junior

27 Oktober 2006

SUJU KRY lahir…

“Ketika kami tampil pertama kali sebagai SJ-KRY, member semua datang, di belakang panggung, memberikan kami kekuatan…”-Ryeowook.

“Selama penampilan pertama kami, kami sangat gugup dan panic. Sebelum pergi ke panggung, member lain tidak peduli akan jadwal mereka, dan datang untuk member kami dukungan.saat itu, aku sangat tersentuh dan hampir menangis. Saat itulah aku merasa bahwa kita super junior. Walaupun kami punya aktifitas lain di KRY, tapi sejauh ada Super Junior didepan itu, aku merasa kami selamanya adalah Super Junior…”-yesung.

25 november 2006

Super Junior memenangkan Year End MKMF New Comer Award

SUNGMIN WINNING POST CY ENTRY

Walau kami tau sebelumnya bahwa kami akan menag, kami juga percaya bahwa kerja keras kami menghasilkan selama tahun ini, kami akan memenangkan penghargaan ini. Kami benar-benar mempersiapkan diri dan tersenyum saat menerimanya. Tapi, berjalan ke panggung dan menerima penghargaan itu, hidung mulai memerah, mata mulai basah. Ah~ ini award pertama kami. Ini nyata, bukan mimpi. Tapi kami tidak boleh menangis. Kami harus tersenyum dan kuat saat menerimanya.

“Kami berterima kasih kepada ELF dan pahlawan kami selamanya, kru belakang panggung, dan manajer yang punya saat-saat berat, dan coordi noona yang telah punya konsep yang bagus… “

Ryeowook belum sampai ke panggung ketika ia mulai menangis. Aku merangkul dan menenangkannya. Disisi lain, Hyukjae yang tertunduk menangis sampai makeupnya berantakan. Aku merangkulnya dari belakang. Aku tau, ia tidak dapat menahan semua itu. Ia cengeng.

“…ayah Donghae yang ada disurga, kami mencintaimu… dan itu adalah kenapa kami menang. Orang yang memberikan kami penghargaan ini…”

“di momen yang indah seperti ini, ayahku tercinta telah pergi ke surga. Tapi kau selalu ada dihati kami.”

Shindong juga menangis. Dan khyuhyun, magnae yang biasanya berakting seperti anak kecil yang baru tumbuh, menangis hingga hidungnya memerah. Persis seperti anak kecil. Aku tetap senyum dan menghapus air matanya. Memeluk shindong dan menenangkannya. Ketika mereka membicarakan ayah dongahe, jungsoo hyung tidak terkontrol lagi. Ia menangis sejadinya. Aku sangat baik, aku tidak pernah menangis dan tetap tersenyum. Aku menerima penghargaan terbesar dalam hidupku.

Ketika kami turun dari panggung, ryeowook masih terisak. Jungsoo hyung menangis ketika menelepon orang tuanya. Ketika tidak ada orang disekelilingku, aku merasa airmataku akan jatuh. Aku tidak boleh menangis ah~…!

Aku mengangkat kepalaku hingga leherku sakit, airmataku tidak mendengarkan dan jatuh begitu saja. Aku menunduk pada lipatan lututku, menangis dan cepat menghapusnya, dan mengangkat kepalaku dan mencoba tersenyum sebaik mungkin. Akhirnya kami menerima penghargaan itu. Aku menerimanya dengan senang hati. Dan ketika tidak ada orang yang memperhatikanku, aku diam-diam menangis sedikit…

30 November…

Super Junior menerima Penghargaan pendatang baru dan mobile popularity award di MBC 2006 Seoul Song Award

14 Desember…

Super Junior menerima 21th Korean Golden Disk Newcomer Award dan Most Popular award.

29 Desember…

Super Junior menerima Best New Male Grup di SBS Song Awards

Tapi leader teuk terjaga beberapa malam untuk mempersiapkan pembicaraanya. Ia pingsan. Dan harus dibawa ke rumah sakit.

.....

....

2007, April, 19th…

“memikirkan hari itu kembali, membuatku sakit kepala…”-hangeng.

19 April, 12.20 am

Super Junior Leeteuk, Eunhyuk, Shindong, Kyuhyun

Duduk di mobil…

Sebuah kecelakaan yang membuat mobil itu terguling…

Eunhyuk dan Shindong menderita luka ringan,

Mereka harus dirawat selama seminggu…

Leeeteuk menderita beberapa luka…

Kaca disekitar matanya…Kaca menusuk di belakang punggungnya…

Setelah ia dibawa ke rumah sakit, Di wajah, kaki, dan punggungnya… Ia mendapat 170 jahitan diseluruh tubuhnya…

Kyuhyun menderita beberapa luka berat…

Tulang pinggul patah, rusuk kanan patah, tulang betis patah…Paru-paru berdarah… dan area dada paling parah…

Ketika ia dikirim kerumah sakit, ia sudah tidak dapat bernapas sendiri… Dan hanya mengandalkan alat bantu untuk bernapas…

Setelah kecelakaan maut ini, para member …

Eunhyuk, dengan luka ringan, tetap berada disamping leeteuk yang terluka parah, dan menenangkannya…

Shindong, yang juga luka ringan, duduk disamping leeteuk dan memeluknya…

Leeteuk yang terluka parah, sejak selesai di operasi, selalu memanggil nama Kyuhyun,Yang lebih terluka parah darinya…

2.40 am, kyuhyun dinyatakan koma, dan kritis…

Kondisinya sangat serius, dia kehilangan kesadaran dan tubuhnya semakin melemah… Banyak kehilangan darah menghasilkan tekanan darahnya jatuh, jantungnya juga menunjukkan tanda-tanda behenti… dokter membernya kejut jantung, tapi jantungnya masih berdetak lemah…

Menangis, berdoa…

Menangis lagi, berdoa lagi…

Terus menangis, terus berdoa…

Kami tidak tau apa lagi yang harus kami lakukan selain ini…

“Saat ini, hyung mendoakan kesembuhanmu… jika kamu dapat melakukan program bersama Super Junior, hyung tidak akan pernah marah ketika kau memukulku atau bercanda denganku… makanya, kau harus sembuh… fighting!”- yesung.

“Dirumah sakit, kami menangis. Aku meminjam 500 won dari suster dan diam-diam pergi online. Banyak berita tentang kecelakaan itu. Eunhyuk membacanya dan menangis. Ia sangat kecewa. Setelah eunhyuk pulih, aku pergi. Aku merasa tidak baik-baik saja malam itu. Pukul 11 aku tertidur. Ketika itu aku menangis. Aku merasa sangat kesepian…”-Leeteuk.

“Member, aku sayang kalian. Ini adalah ujian yang diberikan Tuhan pada kita. Super Junior, Fighting!”-yesung.

20 April 2007, 9.37 pm

Kyuhyun membaik dan melewati masa kritis.

Setelah dirawat 52 hari, leeteuk kembali dengan Super Junior

“Aku benar-benar ingin memberitahukan teuk hyung bahwa ketika ia tak ada, jarak antara kami sangat besar. Tidak ada yang bisa mengatasi. Aku berharap kau kembali secepatnya, jadi kami dapat mengatasi semuanya dan melakukan apa yang kau sarankan… kemudian kami bisa merasakan bahwa kami Super Junior. Jadi kami dapat merasa seperti kita adalah satu.”-sungmin.

21 September 2007

Super Junior 2jib, Don’t Don First Performance…

Kyuhyun yang belum sembuh benar, dengan kekuatannya dan ingin bersama 12 hyung lainnya, berdiri bersama di panggung 2jib mereka.

“Dirumah, aku sangat dijaga oleh orang tuaku. Aku rindu hyung-hyung semua. Walaupun mungkin itu sangat mengganggu orang tuaku, tapi ketika aku bersama mereka, aku dapat mengumpulkan lebih banyak kekuatan!”-kyuhyun.

“Mungkin lukaku belum begitu sembuh. Tapi aku sangat menginginkan mengambil bagian dalam persiapan album ke dua. Managerku tidak mengijinkanku untuk melakukan ini. Mereka bilang kembali ke stage masih terlalu awal. Karena itu, aku bisa semakin parah. Tapi, selain itu, bagaimanapun ini sakitnya, aku ingin bersama mereka. Karena aku adalah satu-satunya yang bertanggung jawab dengan lukaku, aku tidak dapat menunjukkan tanda-tanda kesakitan. Aku harus bertanggung jawab pada kata-kataku.”-kyuhyun.

3 Desember, Kyuhyun merubah gambar CYnya…

Aku tidak ingin mati! Jangan menyerah!!!

Di starking, kyuhyun menyanyi dengan luka. Para hyung menangis…

“Aku bersamanya saat kecelakaan itu. Ketika melihat hal ini, saat-saat menyanyi dengan super junior adalah hal yang sangat cukup untukku.”-Leeteuk.

“Kyuhyun, kami akan selalu bersama di sampingmu…”-leeteuk.

Saat program EHB, ada misi mengumpulkan air mata Eunhyuk dan Ryeowook. Mereka membuat secretcam. Dan menjalankan scenario yang menyedihkan dan membuat dua orang itu menangis. Bilang bahwa super junior akan bubar. Shindong di kontrak oleh perusahaan lain. Banyak member keluar, semua orang berargumen, jarak diantara grup…

“Untukku, semua orang disini, lebih dari sekedar member. Lebih penting aku merawat mereka sebagai saudaraku…”-eunhyuk.

Mereka menangis sedih. Karena air mata ryeowook, kyu mulai menangis. Walaupun mereka tau itu tidak nyata, namun semua sepertinya meledakkan emosi dan air mata. Semuanya bohong. Hal ini bohong. Kecuali, tentang kita yang selalu bersama, selamanya…

Ketika melihat film itu lagi, membawa tangis diam-diam pada siapapun yang menontonnya. Ryeowook yang menangis dan memberitahukan Shindong, ‘kami tidak dapat melakukan ini tanpa hyung’, sehari setelah secretcam itu direkam.

Super Junior 1st Asia Tour, Supershow…

In Seoul, Thailand, Shanghai…

Nyanyian yang tak pernah berakhir, canda yang tak pernah berakhir…

Airmata yang tak pernah berakhir, haru yang tak pernah berakhir…

Pelukan yang tak pernah berakhir, kehangatan yang tak pernah berakhir…

8 April 2008

Super Junior M yang dibuat untuk target China, secara resmi debut di China.

Dari super Junior, 5 member pergi kesana.

SJ-M dan persiapan albumnya menyebabkan hangeng turun berat badan 5kg.

“Kami di china dan hangeng akan kembali pulang, membawa makanan. Ia selalu memikirkan member…”-ryeowook.

“Ketika di Korea, aku tau rasanya sangat sulit. Ketika member datang ke china, mereka juga sangat sulit, rasanya. Aku mengerti lelahnya mereka, dan itulah mengapa aku menjaga mereka.”-hangeng.

Bagaimanapun, 2 wajah baru dalam subgroup sekali lagi membuat fans kecewa. Hari musim dingin di korea, ribuan fans korea datang untuk melindungi 13 member. Dan demonstrasi ini dilakukan 8 kali. Di 20 kota di china, ribuan tanda tangan fans china untuk melindungi 13 member dan berkumpul bersama. Limapuluh ribu fans ingin SMENT menjelaskan dan protest pada perusahaan sebagai pemegang saham. Elf membeli saham SMENT agar dapat membuka suara.

Yesung merubah CYnya. Memasang foto mereka saat ulang tahun Eunhyuk.

“ELF, please remember this picture…”

“Aku akan melindungi 13 member, karena aku leadernya.”-leeteuk.

“Bagaimanapun, apapun yang orang katakan, aku akan selalu ada disamping ELF dan tidak akan menyerah…”-Heechul.

“BIarkan mereka tau siapa yang tertawa di akhirnya. Jangan lemah. Disaat seperti ini, semua pergerakan menunjukkan bahwa kita satu. Kumpulkan kekuatan kita. Babo ya, Fighting!!!”-leeteuk.

“Saat SJ-M pergi ke cina, dan selama ini tidak pulang ke korea. Dan aku merindukan member. Walaupun Kyuhyun tidak mengatakannya, dalam hatinya ia juga merindukan member. Diam-diam ia menelepon Leeteuk hyung. Sayangnya, dia selalu menelepon disaat yang salah, saat Leeteuk hyung sedang melakukan program. Ini membuatnya sangat kecewa ketika kembali ke korea. Dia selalu complain ke leader itu.”-ryeowook.

“Ini pertama kalinya aku meninggalkan rumah dalam waktu sangat lama. Fans member kami banyak kehangatan. Tapi tetap tidak bisa menggantikan seberapa besar kami rindu orang tua. Ada suatu saat ketika aku menangis saat merindukan orang tuaku. Donghae hyung selalu didekatku, menenangkanku. Sebenarnya aku tau, dia yang sangat merindukan orang tuanya lebih dariku. Ayahnya disurga, dan ibunya di mokpo.”-kyuhyun.

7 Juni 2008

Dream Concert, super junior 13 pertama kalinya menjalani aktivitas terpisah. Beberapa hari sebelum konser, ketika semua member tau tentang ini, “SATU” menjadi kata favorit di CY super Junior.

“7 Juni, adalah hari dimana kita menjadi satu. Hari dimana hati kita satu. Ini akan menjadi momen kamu.”-leeteuk.

“Dream concert, akan menunjukan ke sema orang bahwa kami satu. Super junior 13 member.”- heechul.

“Sekarang kami akan bertemu semua orang secepatnya. 7 Juni nanti kami akan menunjukkan bahwa kita satu, kan? Aku sangat menunggu itu!”-kyuhyun.

“Kita menunjukkannya kan? Kita satu!”-sungmin.

Donghae yang di cina, meninggalkan heechul yang dikorea, memberikan pesan.

“heenim! Bagaimanapun, dimanapun kita, super junior adalah satu! Mari tunjukkan di Dream Concert! Saranghae!”

“7 Juni, mari kita tunjukkan kalau kita satu! Aku leader abadi super junior!”-leeteuk.

Pada hari itu, Siwon sedang sangat sakit, dan tidak punya kekuatan untuk muncul di red carpet dengan member lainnya. Bagaimanapun, untuk menjaga waktu, 13 hanya dapat tampil bersama. Dia melakukan yang terbaik di panggung selama pertunjukan. Ketika itu berakhir, ia jatuh. Dan member lain membantunya turun.

“Aku sangat merindukan mereka. Aku sangat ingin bersama mereka lagi…”-donghae.

“Telah sangat lama ketika aku di panggung bersama memberlain. Ketika disana, aku sangat senang. Bahkan tidak tau apa itu kelelahan. Hanya ketika aku selesai dan keluar panggung, aku benar-benar tidak bisa bernapas.”-hangeng.

“Karena kami kembali, asrama sangat berisik. Walaupun leeteuk hyung dan eunhyuk hyung selalu complain, aku tau, dalam hati mereka sangat senang…”-ryeowook.

LT : bagaimana rasanya china?

KH : aku… sangat merindukan para member.

EH : kyu tidak di asrama lagi. Kita tidak dapat mendengar suaranya yang mengatakan ‘hyuk…hyuk’ kami sangat merindukan itu.

LT ; kita sudah lama tidak mendengar itu. Biarkan kami mendengarkan lagi!

KH : hyuk..hyuk…hyuk…hyuk…hyukjae…

LT : hahaha. Mendengar itu membuatku sangat senang!

LT : sebelumnya, sesuatu yang membuatku menangis adalah ketika semua orang siap untuk pergi jam 5 pagi. Donghae menelepon untuk bilang “HYUNG!!! AKU SANGAT MERINDUKANMU!!!” aku hampir menangis mendengar itu!

*SUKIRA*

“Setelah pergi 2 bulan, aku sadar cinta dari fans dan member lain…member yang lebih muda mengikuti yang tua, mereka melindungi adik-adiknya, memimpin yang lebih muda. Aku sangat berterima kasih…”-donghae

HEECHUL CY UPDATE :

Ketika dia di sana, dia meneleponku dan bilang bahwa dia merindukanku. Ketika di korea, hankyung meneleponku dan aku angkat, dan kemudian diam-diam dia teriak padaku “hee… ah~ aku sangat merindukannya. Haha.”

MC : sekarang SJ berpisah untuk melakukan promo. Apa kau sering bicara pada member lain?

HG : tentu. Bahkan jika sekarang terpisah, dan semua sibuk, tapi setiap punya waktu kami menelepon satu sama lain. Karena aku adalah SUJU.

“Akhir-akhir ini, kau tidak melihat 13 member sering bersama. Tapi saat itu, kami pergi ke jepang bersama. Dan tiba-tiba aku berpikir kenapa aku tidak berbahagia saat mereka didekatku, dibanding merindukan mereka saat mereka jauh? Kembali dari jepang, aku tiba-tiba sadar bahwa 6 member disini sangat berarti untukku. Mereka sesuatu yang aku cari.”-kangin.

Selama 1000hari perayaan super junior, member belum bisa berkumpul di china dan korea. Mereka hanya dapat menggunakan telepon untuk berkomunikasi.

“Eunhyuk kami menangis karena ketika itu sangat sulit 13 member berkumpul bersama. Terakhir teuk hyung yang pergi ke Thailand dan aku tidak bisa pergi. Satu-satunya yang tidak dapat pergi harus syuting video. Saat itu teuk hyung menangis terus. Sekarang aku mengerti kenapa dia menangis, aku sangat merindukan mereka. Heechul tidak akan menangis sekalipun pisau menghujamnya, tapi air matanya jatuh juga saat itu… (Setelah bicara dengan member di china).” –kangin.

Tapi hari itu, leeteuk memberikan ELF kejutan terbesar, janji yang sangat berharga.

27 Juli 2008

Super Junior leader, leeteuk, secara personal memberitahukan semua orang.

SUPER JUNIOR, SELALU 13 MEMBER….

LT : Berapa member yang kalian pikir harus di SJ?

ELF : 13!

LT : Super Junior akan selalu 13 member, tak peduli apa yang terjadi nanti, berapa member yang SUJU punya??

ELF : 13!!

LT : dari sekarang, tidak peduli berapa tahun yang terlewatkan, SUJU akan selalu 13 member!!!

“Aku rindu panggung Super Junior. Aku bisa gila…”-leeteuk.

“Ketika 13 member berkumpul itu seperti kehilangan cinta yang kemudian ada obatnya…”-donghae.

“Super Junior… Starting from Leeteuk, ending with Kyuhyun…”-kangin’s radio.

Hanya dengan 13 member, super junior dapat tampil. Seperti 10 jari yang menjadi satu. Tak ada yang lebih baik atau lebih buruk. Dengan itu, kami merasa satu. Super junior adalah grup yang seperti itu.”-kangin on MBC happy day.

9 May 2008,

6 member super junior mengikuti marathon yang dimulai jam 6 sore tanggal 9 dan berakhir jam 6 sore tanggal 10. Ini marathon 24 jam. 68 km… 26km lebih jauh dibanding marathon biasa. Keenam member juga mendonasikan 10.200.000”-leeteuk.

“Karena cuaca buruk pagi hari aku demam dan tidak pernah merasa seperti ini sebelumnya. Seluruh badanku sangat sakit.”-leeteuk.

Yesung kecelakaan saat itu dan kakinya harus memakai tongkat. Ia dianjurkan istirahat total, namun ia kembali dengan member yang lain setelah menggunakan tongkat.

“Aku baik-baik saja. Aku sangat ingin menyelesaikan perlombaan ini. Aku melihat mereka lari di tv dan hatiku sakit…”-yesung.

18 Juni 2008

Heechul operasi untuk mengeluarkan sebuah besi di kakinya yang telah bertahan selama dua tahun. Karena menari terlalu keras dua tahun lalu, besi ini bengkok. Ini tidak lurus lagi. Dokter bilang ia harus istirahat, tapi ia tetap bertanggung jawab di teater Xanadu yang mengharuskannya menari dengan sepatu roda. Walaupun ia sering jatuh dan menahan rasa sakit, ia tetap bertahan. Kangin yang berakting bersamanya saat itu, cedera otot dan harus menggunakan kain untuk membalut kakinya dan menyelesaikan pertunjukan.

“Akhir-akhir ini kami hampir tidak tidur. Kami bahkan tidak menghapus makeup untuk tiga hari… jadwal kami terlalu padat, saat kami pulang kerumah kami hanya tidur dua jam dan merapikan make up kami dan berlanjut ke jadwal selanjutnya.”-kangin.

Super Junior 13 member…

A walk to remember hasilnya sangat menakjubkan…

Namun kerja keras mereka, luka mereka, dan airmata mereka, hanya satu-satunya yang dapat melindungi apa yang mereka akan lakukan.

Tidur mereka yang tidak sampai 4 jam sehari…

“Karena aku main drama, aku harus menaruh pulpen di mulutku untuk berlatih suara. Aku mematahkan 20 pena dan bicara hingga mulut dan gigiku ngilu.-kibum

Eunhyuk yang selalu menari, karena itu ototnya sakit dan ngilu. Dia selalu membawa mesin pijat di tasnya.

Leeteuk yang tidak mendengarkan adiknya terus menari hingga level atas bahkan hingga punggungnya sakit.

“Ketika aku datang ke radio aku tidak mendekati PD sama sekali. Dan ketika aku lelah, dimana aku tidur? MBC lantai 7, kamar mandi… aku menurunkan kursi toilet dan menaruh tasku disana. Duduk di lantai dan bersandar pada tempat sampah dan tertidur. Tapi itupun membuatku sangat senang.”-kangin.

Pada idol World, kangin cedera kaki karena memakai sepatu roda. Di EHB kangin terkilir tangannya. Juli 2007 kangin yang sangat lelah muntah dan ternyata diare. Agustus, ada gejala lagi karena tekerja terlalu keras dan harus dilarikan kerumah sakit; tapi ia tidak ingin dan tetap pergi ke program radionya. 27 november, saat EHB dia muntah dan dibawa ke rumahsakit. Diare lagi dan lebih parah. Setelah dari sana, ia berlanjut EHB lagi…

Karena Don’t Don, temperature Heechul turun dan bahkan muntah darah dua kali. Di Unbeliveable Outing, Eunhyuk meminum 500cc kola untuk membuat show lebih baik. Ia menahannya untuk waktu yang lama. Tapi akhirnya ia muntah dihadapan kamera. 10 Oktober 2007, Hankyung terkena kembang api di Inkigayo. Sungmin cedera otot saat Starking Wrestling session. SJ-M fanmeeting terpaksa di tunda saat di Thailand karena Hangeng terus muntah dan tidak dapat berhenti.

“Karena terlalu lelah, mataku sangat buruk. Dan karena aktivitas, aku melukai kakiku. Aku memakan sandal jepit untuk tiga minggu di acara yang lain.”-kangin.

Di bandara Incheon, leeteuk mengalami cedera punggung lagi. Tanpa berpikir lebih dulu tentang imejnya,dia memegang kepalanya dan berlutut di lantai selama masa itu.

Star Golden Bell…

Didepan para tamu mungkin yang leeteuk makan hanya es kacang merah biasa. Tapi di depannya itu adalah es yang ditaruh bubuk cabai. Bekerja sama dengan show itu, leeteuk memakan dengan bahagia saat kamera mendapatinya. Senyumnya sangat bahagia. Tapi sebenarnya ia punya masalah perut dan memuntahkan smeua yang ia makan. Wajah pucat dan ekspresi kesakitan, park jungsoo yang sebenarnya. Kamera tidak merekamnya, tapi ELFlah yang merekamnya.

Semuanya.. untuk apa hal itu?

Leeteuk bilang, apapun itu, itu untuk super junior…

“Super junior adalah kebanggaan terbesarku.”-leeteuk.

“Aku akan selalu bersama mereka, didepan, memimpin para adik.”-kangin.

“Aku harap ELF bangga ketika membawa nama SUJU bersamaku untuk acting atau apapun.”-hangeng.

“Aku bahagia setiap saat karena aku member super junior. Aku, super junior Sungmin ingin merayakan ulang tahunku tahun depan, dan berikutnya, dan berikutnya dengan super junior.”-sungmin.

“Beberapa waktu lalu, aku ingin menjadi penyanyi solo, ingin punya panggungku sendiri. Tapi sekarang aku mengerti keuntungan dalam sebuah kelompok. Jadi aku tidak ingin lagi menjadi artis solo.”-Ryeowook.

“Ketika kamera mulai, aku berganti jiwa dari parkjungsoo menjadi leeteuk. Orang ini sangat sempurna. Dia tidak bisa membuat kesalahan apapun.”-leeteuk.

“Jika aku memenangkan penghargaan film, aku ingin menerima itu dengan super junior, karena jika sendiri, tidak akan merasa senang. Karena aku member SUJU ketika aku bermain di film ini. Selama aku tidak membuat nama itu buruk, dan tidak penting menag atau kalah.”-kangin.

“Aku sangat bahagia jadi bagian dari Super Junior. Sangat senang dan bangga. Mulai sekarang namaku akan selalu bergandengan dengan Super Junior. Ini keluarga baru, aku ingin mereka lebih dekat.”-eunhyuk.

“Sebenarnya aku bukan seseorang dengan jiwa pemimpin yang tinggi. Aku cengeng. Tapi aku ingin baik kepada semuanya dan aku ingin mereka mengikutiku. Itulah alasan mengapa aku memilih posisi ini. Aku akan memberikan segalanya untuk SUJU”-leeteuk.

“Bahkan saat di radio, aku menggunakan nama Super Junior dibelakangnya. Terkadang aku takut jika ada yang salah kuucapkan, akan mempengaruhi member yang lain juga.”-shindong.

“Saat aku melakukan kesalahan MC, itu sangat buruk dan yang lain juga menjadi seperti itu. Aku banyak belajar dan aku jadi lebih baik. Jadi sekarang aku harap orang bilang ‘gimana bisa suju punya member seperti ini? bukan hanya kim heechul, tapi member yang lain juga. Ketika MC, aku benar-benar mendengar seseorang berkata ‘kim heechul sangat baik! Member lain juga pasti seperti ini!”-heechul.

MC : apakah kau pikir sebuh keputusan yang salah waktu kau bergabung dengan Super Junior?

Kangin : dari hari aku dilahirkan, hingga sekarang, hingga aku mati, keputusanku tidak akan pernah salah.

Mereka bilang…

Mereka cinta…

Cinta pada membernya…

Cinta grup ini, Super Junior karena ada 13 member…

“Untuk 12 memberku, aku sangat senang dan berterima kasih pada kalian. Dan aku sangat mencintai kalian. Hingga kini, aku harap air mata kita adalah air mata kebahagiaan. Aku cinta kalian! Aku cinta kalian! Aku tidak akan pernah merubah cintaku!”-leeteuk.

Di kepalamu, setiap memori kecil… akta-kata itu tidak mudah diucapkan… tanda yang tidak diperhatikan… dapatkah kalian menemukan memori kecil itu???

Kata-kata

‘TERIMAKASIH…AKU CINTA KAMU…KAULAH MALAIKATKU…’

“Jika bukan untuk menjadi Super Junior, aku sia-sia melakukan semua ini. Ketika 10 tahun berlalu, semua orang mempunyai janggut,d an memegang gitar, duduk di barisan kursi yang bukan didalam ruang konser besar, aku akan selalu SUPER JUNIOR. Hahaha.”-kangin.

Karena kita satu… karena kita perlahan tumbuh bersama…

Hari yang diam ketika kami tumbuh setahun lebih tua…

Karena kami memiliki satu sama lain.

Kehangatan, pergerakan, sesuatu yang berharga…

Masihkah kau dapat menemukan kata ‘HAPPY BIRTHDAY dari ingatanmu???

Sungmin’s 2006…

Hangeng’s 2006…

Eunhyuk’s 2006…

Ryeowook’s 2006…

Heechul’s 2006…

Hankyung’s 2007…

Eunhyuk’s 2007…

Donghae’s 2007…

Leeteuk’s 2008

@sukira… Eunhyuk membuat lagu special untuknya.

Jepang 1 Juli 2008

Leeteuk & Heechul menerima surprise yang semua orang siapkan. Tapi karena semua rasa persahabatan diantara kami menjadi memori yang abadi.

“Ketika aku sebagai trainee, sekali merayakan dengan mereka di ruang latihan. Setelah jam 12 malam kami keluar ingin membeli kue, semuanya juga keluar, tapi tidak ada kue yang tersisa. Semua toko tutup. Aku menghabiskan malam itu dengan mereka. w alaupun tidak ada kue. Aku terharu dan menangis…”-kangin.

EH : saat ultah donghae 2005, kita belum debut. Kita tinggal di asrama. Saat malam dia membangunkanku, leeteuk, dan kangin. Sebelum membangunkan, dia sudah ada di kamar mandi selama 30 menit dan keluar. Dia membangunkanku jam 4 pagi.

LT : saat itu donghae bilang sama Eunhyuk ‘kita belum debut, aku belum punya uang, jadi aku tidak bisa membelikan apapun, tapi aku mau memberikan kalian sesuatu.’ Dan mengambil hadiah untuk dirinya sendiri. Mengambil sesuatu yang dia rasa sangat penting.

UH : saat itu aku tidak memakai aksesori apapun, jadi dia memberikanku gelang yang bagus. Dia bilang ‘aku ingin memberikan itu padamu. Aku yang punya itu sebelumnya. Dan sekarang aku memberikannya padamu.’

LT : dia bilang sama kangin ‘aku tidak dapat menemukan celana yang muat untukmu.hehehe hanya ini. Jika tidak muat, berikan untuk orang lain.’ Lalu memberikannya pada kangin. Dan kemudian dia memberikanku teh. Saat itu aku sangat tersentuh, aku tidak dapat menerima itu. ‘aku menghargai perasaanmu.’ Setelah mengatakan itu, aku menangis dan pergi keluar.

“Sebenarnya dari awal aku khawatir, karena sangat banyak member dan aku takut akan sedih. Tapi ternyata setelah bergabung aku menemukan 13 orang dengan suara dan karakter berbeda, tapi dibawah arahan Leeteuk hyung, kita dapat bersatu dan selalu bersama mencapai tujuan.

Sebelumnya aku membayangkan jika semua orang berpikir tentang dirinya sendiri, tapi sekarang aku sadar bahwa tidak ada orang yang memikirkan dirinya sendiri. Dan mereka berpikir untuk semuanya. Semuanya mengorbankan diri, melihat semua orang seperti ini, aku juga menyadari bahwa SUPER JUNIOR merupakan grup yang benar-benar kuat. Aku cinta grupku…”-kyuhyun.

KEMENANGAN DI PANGGUNG…

Kemenangan yang dihasilkan dari bekerja di ruang latihan dengan tiap malam dan hari. Kau tidak akan lupa kan?

u… don’t don… happiness… way for love…wonder boys,,,twins,,,miracle…dancing out…marry you…

3 tahun bersama, tumbuh bersama, sepanjang hari…dapatkah kau merasakannya?

SB : hi semuanya, aku jungsoo, aku akan pergi ke studio…

SSD : hai, aku super junior leader, leeteuk!

Wajah-wajah baru yang tidak terbiasa siaran… Aku sangat menyukai saat kalian membuat lingkaran, menyatukan tangan kalian dan meneriakkan kata-kata semangat itu!

“Kami grup yang dimana kebahagiaan dan kelelahan berganti. Sebagai grup, kami punya banyak pengalaman naik dan turun emosi. Member kami biasa bermain games, bertengkar, menangis, terpisah, bersatu dan berbahagia bersama. Kita menjaga satu sama lain. Tidak ada orang yang bisa menggantikan Super Junior di hati kami. Ini adalah esensi dari Super Junior.”-heechul.

“Aku akan memimpin Super Junior ke dalam dunia, kami bertanggung jawab. Jangan khawatir…”-leeteuk.

“Kita bukan grup yang akan terpisah dua atau tiga tahun lagi. Kita akan terus bersama untuk 20, sampai 30 tahun lagi. Sampai ELF tidak menginginkan kami lagi.”-leeteuk.

Sangat banyak kejadian dimana kata-kata yang sama datang dari mulut yang berbeda. Gerakan tangan yang sama menjadi satu tim…

URINEUN SUPER JUNI O~YE~YO!!!

“KAMI AKAN TERBANG LEBIH TINGGI, LEBIH CEPAT, SAMPAI WARNA BIRU SAFIR MENUTUPI DUNIA…

SUPER JUNIOR LEADER LEETEUK…SUPER JUNIOR 13 MEMBER SELAMANYA”

**

Untuk semua ini, karena super junior mempunyai pengalaman kekuatan, kehangatan, inspirasi di tiap diri mereka. Berharap 13 orang itu tetap sehat dan sukses di masa depan. Tidak akan ada 5jib curse karena ELF tetap mendukung kalian dari seluruh dunia… ALBUM SELANJUTNYA…TERJUALLAH DENGAN BAIK!!!! ELF MENDUKUNG KALIAN!!!

**

CR : sqanisaa12.blogspot.com

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

(indonesian text A WALK TO REMEMBER-SUPER JUNIOR HISTORY)

ini waktu penghargaan U.. pas aku liat ini bener bener nyesekkin.. TT

debut. first twins perform

This pict... Hae and his father.. TT

saat perform endless love,, dimana Hae and Heenim tak ada

ini waktu mereka kecelakaan

kalian merindukan super show dengan 13 member bukan? kita merindukannya kan? percayalah suatu saat kita akan melihat ini lagi :)

idola mana yang seperti mereka ? apakah ada? nereka,, rela berlari sejauh 68km.. bayangkan betapa beratnya itu. orang biasa yang ditawri itu pasti sudah menolak duluan,, tapi tidak untuk suju kita,, mereka rela ,, mereka benar benar malaikat..

Ketika kita melihat moment mereka saat ber-13 adalah sesuatu yang mampu membuat kita bahagia,, menyunggingkan seulas senyum dari dalam hati kita tak ayal,, kadang kita juga menangis melihat moment itu ? kita bertanya? ya ,, kita akan bertanya kapan? kapan kita bisa melihat moment itu lagi?? hanya kepercayaan kita pada janji mereka yang mampu mmbuat kita yakin,, mereka akan kembali ber 13 :)

cr photo: ayuri yuriz

Link Video A Walk To Remember SUJU

part 1 :

http://www.youtube.com/watch?v=r_a8FpDnpQ4&feature=related

part 2 :

http://www.youtube.com/watch?v=Ogl0WLSKmRA&feature=related

part 3 :

http://www.youtube.com/watch?v=rInR214E91Y&feature=related

part 4 :

http://www.youtube.com/watch?v=u9I2kQDNJso

part 5 :

http://www.youtube.com/watch?v=897-9q5GA8A&feature=related

part 6 :

http://www.youtube.com/watch?v=2t1EwJchNxQ&feature=related

part 7

http://www.youtube.com/watch?v=0-JhUg75Fq8&feature=share

part 8

http://www.youtube.com/watch?v=OY5WWiWha-U&feature=related

part 9 :

http://www.youtube.com/watch?v=si8hQ4zxtwE&feature=related


Cr : FB (Ayuri Yuriz Everlastingfriends LoveSuju)



4 komentar to "Perjalanan Super Junior :)"

Poskan Komentar

Kursor

Guest Book


Mw Guest Book yg Seperti ini..??
Klik di Membuat Show Hide floating Guest Book